Header AD


KDP Goes To School : Menyapa SMA Negeri 1 Wonotunggal Kabupaten Batang


Setelah vakum semenjak masa pandemi covid19, kini kegiatan Komunitas Drone Pekalongan Goes To School kembali digelar. 

KDP Goes To School sendiri merupakan kegiatan kolaborasi antara tim KDP dengan dunia pendidikan dari dari level SMP keatas. Tidak hanya dengan dunia pendidikan formal, tetapi juga dengan kegiatan non-formal seperti Pramuka kesakaan maupun instansi lainnya yang berminat untuk mengundang dan berbagi informasi seputar dunia drone.

Baca juga : KDP Goes To School

Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah mengenalkan dunia drone kepada masyarakat khususnya pelajar melalui kegiatan-kegiatan sekolah. Dalam pelaksanaannya kegiatan KDP Goes To School dapat digabungkan dengan materi ekstrakurikuler seperti Pramuka, PMR maupun lainnya atau berdiri sendiri diluar kegiatan ekstrakurikuler.


Materi yang diberikan berupa pengenalan bagian-bagian utama drone, jenis-jenis Drone, sejarah penggunaan drone, Safety Flight, regulasi menerbangkan drone, hingga materi praktik menerbangkan drone. Penyampaian materi dibagi menjadi 2 sesi, yaitu materi teori dan praktik yang dilakukan di area indoor maupun outdoor.

Untuk pelaksanaan praktik mengoperasikan Drone, tim KDP telah menyediakan perangkat drone sehingga pihak yang mengundang tidak perlu menyediakan secara mandiri, namun jika pihak yang mengundang juga memiliki Drone, dapat juga digunakan bersama dalam kegiatan tersebut.

Baca Juga : KDP Mengisi Materi Drone & Fotografi Saka Pariwisata

KDP menyapa SMA Negeri 1 Wonotunggal Kabupaten Batang 

Pada hari Minggu, 10 September 2023, tim KDP mendapatkan undangan untuk mengisi materi pengenalan teknologi Drone di kegiatan Kemah Bakti OSIS SMA Negeri 1 Wonotunggal Kabupaten Batang. Undangan ini sekaligus sebagai implementasi dari program KDP Goes To School di tahun 2023 ini.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 08.00 wib tersebut diikuti oleh 168 peserta dengan mengambil lokasi di halaman utama kampus SMA Negeri 1 Wonotunggal. Sementara dari tim KDP hadir 2 personil sebagai pemateri.

Dalam kegiatan tersebut disampaikan materi dasar untuk menerbangkan drone, regulasi menerbangkan drone serta memahami area area terbatas yang tidak boleh digunakan untuk aktivitas penerbangan drone disertai diskusi interaktif tentang drone.


1 / 6
Praktik Menerbangkan Drone
2 / 6
Praktik Menerbangkan Drone
3 / 6
Praktik Menerbangkan Drone
4 / 6
Praktik Menerbangkan Drone
5 / 6
Praktik Menerbangkan Drone
6 / 6
Praktik Menerbangkan Drone

Setelah mendapatkan materi teori singkat diatas, peserta juga diajak praktik langsung menerbangkan drone, dari posisi awal menyalakan, arming, hingga melakukan manuver dasar drone diudara dan mendaratkannya.



Pada sesi akhir, diadakan pengambilan gambar formasi barisan yang dilakukan oleh peserta KBO dengan menampilkan formasi barisan merah putih yang diambil dari udara.

Bagaimana, tertarik untuk berkolaborasi dengan tim KDP di program Goes To School ?

Bagi yang berminat dapat menghubungi tim KDP melalui LINK BERIKUT INI


Salam,

Mabur Bareng Gayeng 

KDP Goes To School : Menyapa SMA Negeri 1 Wonotunggal Kabupaten Batang KDP Goes To School : Menyapa SMA Negeri 1 Wonotunggal Kabupaten Batang Reviewed by Komunitas Drone Pekalongan on September 11, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar