Header AD


Curug Bendo - Kecamatan Doro

Hai sobat KDP, apa kabar ?

Setelah sekian waktu KDP vakum dari kegiatan, kali ini kita coba kembali explore kabupaten Pekalongan wilayah selatan. Setelah mendapatkan info tentang adanya objek wisata yang baru dirintis di dukuh Pekuluran, kelurahan Sidoharjo, Doro, tim KDP menyempatkan diri untuk menyambangi objek wisata yang diberi nama Curug Bendo.

Curug Bendo, akan menjadi salah satu destinasi wisata baru yang juga akan menambah khasanah wisata di kabupaten Pekalongan.

Untuk menuju ke lokasi, butuh waktu sekitar 30 menit dari gang masuk utama, Dororejo. Jalur yang digunakan searah dengan 2 objek wisata lainnya yaitu Curug Madu Resmi dan Watubahan, namun untuk menuju curug Bendo ini kita mengambil arah ke jalur Watubahan.

Dari jalur Watubahan ini, jalan yang semula berupa aspal, beralih dengan jalur cor beton. Saat artikel ini ditulis, kami masih menemui jalur yang masih berupa jalan berbatu. Pengunjung yang akan mendatangi objek wisata ini mesti berhati-hati setelah memasuki jalur ini karena selain medannya yang belum halus, jalannya terjal, area kanan jalan juga berupa jurang.

Sesampai di TKP, kami disambut perwakilan pengelola curug Bendo, bapak Subur. Dari bapak Subur kami mendapatkan info bahwa objek wisata curug Bendo ini masih berupa rintisan awal pembangunan sebuah wana wisata. Sekalipun belum dibuka secara resmi, namun sejak sekitar 4-6 bulan yang lalu sudah mulai didatangi pengunjung, bahkan sebelumnya sempat diadakan acara camping bersama di area taman atas curug Bendo. 

Masih menurut bapak Subur bahwa beberapa waktu sebelumnya area rintisan wisata ini juga telah dikunjungi pihak Dinas Perhutani dan Dinas Pariwisata Kab. Pekalongan.


Secara bertahap, area wisata ini mulai ditata dan dilengkapi sarana prasarananya. Saat ini untuk jalur setapak menuju objek utama curug Bendo sudah dibuatkan jalan berupa cor beton. 

Pada area di bawah air terjun ini, telah dibuatkan semacam kolam alami dengan kedalaman sekitar 80-100cm dan dapat digunakan untuk berenang pengunjung. Airnya sangat sejuk dan bisa untuk relaksasi. 

Disisi lain, beberapa warung juga sudah mulai dibuka serta adanya area taman untuk istirahat dan selfi bagi para pengunjung.


Rencana kedepannya, akan dibangun area parkir utama didepan pintu masuk area wisata, kelengkapan sarana ibadah dan tentunya memperhatikan tentang pembangunan jalur utama menuju curug Bendo dalam waktu dekat ini.


Pengelola berharap pemerintah daerah dapat memberikan perhatian agar pembangunan dan pengembangan wana wisata curug Bendo ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Selain itu, pengelola juga berpesan kepada pengunjung yang datang ke lokasi wisata, agar tetap menjaga kebersihan dan keasrian lokasi wisata dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak melakukan corat-coret pada area wana wisata.


Bagaimana, tertarik untuk datang kesana ? 


Salam,

Mabur Bareng Gayeng

Pilot / Editor : Mas Arul
Visual Observer : Solehudin

Curug Bendo - Kecamatan Doro Curug Bendo - Kecamatan Doro Reviewed by Komunitas Drone Pekalongan on Agustus 08, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar