Header AD


Kopdar Juli 2020

 

Mengawali kegiatan setelah masuk era new normal, Komunitas Drone Pekalongan (KDP) mengadakan acara kopdar dan pembinaan kepada anggota KDP.

Kegiatan yang berlangsung pada hari sabtu, 04 Juli 2020 bertempat di Puskomas Kota Pekalongan dan dihadiri 10 anggota KDP.

Kegiatan diisi dengan penyampaian materi yang berjudul "Hazzardious Attitude (Sikap yang dapat membahayakan) yang merupakan sub materi Decission Making dari materi sertifikasi yang pernah diikuti oleh ketua KDP di Dispotdirga FASI, Jakarta, Juni 2019 lalu.

Selain penyampaian materi diatas, juga disosialisasikan tentang peraturan penerbangan terbaru untuk UAV / pesawat terbang tanpa awak yang termuat dalam PM 37 tahun 2020.

Pada kesempatan yang sama juga dibahas mengenai rencana perekrutan anggota baru dan perampingan pengurus KDP, mengingat saat ini ada beberapa pengurus yang mulai vakum dari kegiatan dikarenakan kesibukannya.

Sepintas tentang materi Hazzardious Attitude
Dalam melakukan aktivitas penerbangan drone, sangat dipengaruhi oleh 4 faktor utama yang dapat menimbulkan resiko, 4 faktor tersebut dirangkum dalam singkatan PAVE.

PAVE adalah Pilot, Aircraft, enVirontmen dan External Pressure.

Dari PAVE tersebut kemudian lebih difokuskan ke poin Pilot, dimana ada 5 sikap pilot yang jika dilakukan akan dapat menyebabkan bahaya (Hazardious Attitude).

5 Sikap yang dapat menimbulkan bahaya tersebut adalah :
  1. Un-Authority, yaitu sikap tidak mau mematuhi peraturan penerbangan yang berlaku.
  2. Macho, sikap ingin membuktikan, pamer dan ingin diakui (sok-sokan).
  3. Impulsif, sikap yang didasari karena ketergesa-gesaan sehingga dapat menimbulkan celah ceroboh dan panik.
  4. inVulnerability, sikap merasa aman yang dapat menimbulkan seorang pilot mengabaikan kondisi dronenya sehingga tidak mengecek armada sebelum diterbangkan
  5. Resignation, sikap pasrah dan masa bodoh, hal ini menjadikan seorang pilot drone cenderung tidak bertanggungjawab dan tidak mau berusaha untuk melakukan tindakan penyelamatan ketika drone akan mengalami crash.
Disisi lain, dalam penyampaian materinya, ketua KDP juga menjelaskan tentang penerapan Motto KDP saat akan melakukan aktivitas penerbangan drone, yaitu DAMAI.

Motto ini mencakup hal - hal berikut ini :
  1. Dimana : menunjukkan lokasi dimana kita akan terbang
  2. Ada Apa : ada area dan objek vital apa saja didekat titik terbang kita
  3. Mau Apa : projek yang akan kita lakukan, akan mengambil gambar apa saja
  4. Aman : pilot drone wajib melakukan penerbangan dengan aman mengikuti prosedur
  5. Interaktif : adanya komunikasi setempat (terkait perijinan dan informasi kepada publik jika akan ada aktivitas penerbangan drone)
Untuk materi Hazzardious Attitude diatas dapat diakses melalui link ini.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi materi Hazzardious Attitude dan PM 37 tahun 2020 tersebut, pilot KDP dapat lebih mawas diri terutama saat akan menerbangkan armada dronenya sehingga dapat menghindari hal - hal yang tidak diinginkan.

Keep safety flight first,
salam, Mabur Bareng Gayeng

Kopdar Juli 2020 Kopdar Juli 2020 Reviewed by Komunitas Drone Pekalongan on Juli 05, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar