Header AD


Pekan Raya Kajen 2019 Ajak Komunitas Drone Pekalongan Untuk Unjuk Kreasi

Stand Komunitas Drone Pekalongan yang berlokasi didepan pintu masuk utama Pekan Raya Kajen

Meriah dan ramai, mungkin itulah kesan yang didapatkan saat tiba di lokasi Pekan Raya Kajen yang digelar tahun 2019 ini.  Acara rutin tahunan yang diadakan oleh pemkab Pekalongan tersebut menghadirkan beragam warna dan produk.

Event yang digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke-397 tersebut tidak hanya mengusung tentang produk barang jadi seperti makanan dan barang komoditi lainnya namun juga menampilkan produk kreatif termasuk didalamnya juga merangkul aktivis dari komunitas yang ada di Pekalongan diantaranya Komunitas Drone Pekalongan, Pekalongan Aeromodelling Club, Komunitas Teater Sogan, Komunitas Guru Berbagi dan lain sebagainya.

Selain pameran produk dan kreativitas, juga digelar pertunjukan seni tradisi yang ada di Kabupaten Pekalongan seperti Mocopat, Sintren, seni kuda lumping dan juga pagelaran musik band dan panggung hiburan serta lomba - lomba yang ditampilkan di beberapa stage terpisah. Pemberian porsi untuk unjuk tampil seniman tradisional tahun ini jauh lebih banyak ketimbang tahun-tahun sebelumnnya. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya penampilan kesenian setiap harinya di Pekan Raya Kajen.

Yang membedakan Pekan Raya Kajen tahun ini dengan tahun sebelumnya, untuk tahun ini Pekan Raya Kajen sepenuhnya mengambil tempat di tengah lapangan alun - alun kabupaten Pekalongan, tidak seperti tahun sebelumnya dimana penempatan stand utama mengambil tempat di jalan utama alun - alun Pekalongan.
Dengan adanya perubahan posisi stand ini, area Pekan Raya Kajen menjadi lebih luas dan pengunjung tidak terlalu berdesak - desakan untuk menyaksikan stand - stand yang ada.

Stand Komunitas Drone Pekalongan & Pekalongan Aeromodelling Club 

Display Drone Multi Rotor dan Fixed Wings di stand drone
Komunitas Drone Pekalongan (KDP) dan Pekalongan Aeromodelling Club (PAC) yang mendapatkan kesempatan untuk ikut memeriahkan Pekan Raya Kajen, hadir membuka stand mulai hari Jumat - Sabtu, 13-14 September 2019. Tak kurang dari 18 personil pilot KDP dan PAC hadir meramaikan event tersebut.

Tim Pilot KDP dan PAC

Pada kesempatan ini, KDP dan PAC menampilkan display berupa armada drone rotor dan fixed wings.
ada sekitar 20 produk drone ditampilkan di stand drone. Baik drone branding pabrikan maupun pesawat rakitan.

Beberapa diantara brand drone pabrikan yang ditampilkan KDP adalah DJI Spark, DJI Phantom, DJI Mavic, MJX Bug dan merk lainnya.
Sementara dari tim PAC menampilkan drone fixed wings rakitan dengan 2 tipe engine, menggunakan baterai dan bahan bakar.

Pertunjukan atraksi formasi udara dengan drone
Selain menyuguhkan display armada drone, tim pilot KDP juga menyuguhkan atraksi terbang bersama dengan membentuk formasi udara dan juga mengambil gambar udara di area Pekan Raya Kajen.

Pengunjung Pekan Raya Kajen ramai memadati stand Komunitas Drone Pekalongan saat tim Pilot KDP memperagakan formasi drone di udara
Iwan, salah satu Pilot Aeromodelling Pekalongan, saat menjelaskan model pesawat aeromodelling ke masyarakat.
Pengunjung nampak antusias melihat stand KDP dan PAC, hal ini bisa dilihat saat pengunjung ramai melihat stand KDP dan PAC serta banyak dari mereka yang berdialog dengan pilot drone untuk menanyakan hal - hal seputar drone. Hal ini dimaklumi mengingat perkembangan drone di Pekalongan sendiri bisa dikatakan masih dianggap "hal baru" sehingga masih banyak masyarakat yang penasaran dengan kehadiran produk ini.

"Ini merupakan salah satu kesempatan bagi kami untuk mengenalkan dan mendekatkan komunitas kami ke masyarakat serta untuk ikut mensosialisasikan tentang dunia drone dan regulasinya ke masyarakat.", tutur Syahrul Romadhoni, ketua Komunitas Drone Pekalongan.
"Seperti diketahui bersama bahwa kami memang masih menjalankan program sosialisasi tentang regulasi drone ke masyarakat sejak beberapa waktu yang lalu", imbuhnya.
Pekan Raya Kajen 2019 Ajak Komunitas Drone Pekalongan Untuk Unjuk Kreasi Pekan Raya Kajen 2019 Ajak Komunitas Drone Pekalongan Untuk Unjuk Kreasi Reviewed by Komunitas Drone Pekalongan on September 14, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar