Header AD


Wisata Ciblon Sigesing, Kesesi

Perkembangan potensi wisata lokal di kabupaten Pekalongan sedang meningkat. Masing - masing daerah yang memiliki aset wisata mulai membuka tempat wisata.
Salah satunya adalah Desa Watugajah kecamatan Kesesi, kabupaten Pekalongan yang saat ini sedang dalam tahap membuka wisata air "Ciblon Sigesing".

Tempatnya cukup asyik untuk didatangi bersama teman, saudara ataupun keluarga.
Wisata ini sebenarnya belum dibuka secara resmi, namun para pengunjung mulai berdatangan sejak masa liburan lebaran 2019.


Dalam testimoninya, Sudarwanto, kepala desa Watugajah menyebutkan bahwa area wisata ini awalnya adalah rawa luas yang ditutupi tetumbuhan air diatasnya yang kemudian oleh warga setempat dibersihkan hingga menjadi semacam "danau" kecil ditepi desa.

"Airnya merupakan kumpulan dari tempuran atau pertemuan dua sungai, yaitu sungai Sragi dan sungai Bali; dan merupakan muara dari bendungan Gumbiro, Kesesi." Ujar Sudarwanto.
Untuk saat ini, pengunjung yang masuk ke area wisata, belum ditarik biaya masuk karena area wisata masih dalam tahap pembangunan. Hanya sebatas biaya parkir saja.

Tersedia beberapa wahana, diantaranya area Selfi, perahu dan sepeda dayung serta area spot memancing.

Khusus untuk perahu mesin, dikenakan biaya Rp 10.000 per orang dengan jarak tempuh sekitar hampir 1 km menyusuri sungai Bali.

Fasilitas umum seperti toilet dan mushola juga sudah disediakan, termasuk saung dagang warga setempat juga sudah dibuka.


Diakhir pembicaraan, kepala desa Watugajah menyatakan proses pembangunan wisata Ciblon Sigesing masih panjang, secara bertahap fasilitas dan wahana wisata akan dibangun termasuk didalamnya penataan manajemen kelompok sadar wisata "Ciblon Sigesing (CS)". 

Untuk jangka panjang, area bagian Utara juga akan dilakukan pengerukan dan pembersihan tanaman air yang menutupi aliran sungai Sragi yang nantinya juga akan ditata menjadi area wisata.

Bagaimana, tertarik untuk datang kesini? Yuk mampir jika berada di area Kajen-Kesesi, lokasinya tidak begitu jauh dari alun-alun Kajen, sekitar 15 menit ke arah Kesesi. Jalurnya juga sudah halus. 

Tapi jangan lupa ya gaess,, dimanapun kita berwisata, wajib hukumnya menjaga kebersihan dan ketertiban. Biar areanya tetap terjaga dan lestari.. Jika bersih dan rapi, kan enak dipandang mata dan kerasan ..

Salam, MABUR BARENG GAYENG ..

Wisata Ciblon Sigesing, Kesesi Wisata Ciblon Sigesing, Kesesi Reviewed by Komunitas Drone Pekalongan on Juli 06, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar