Header AD


Jelajah Pesona Petungkriyono

Segarnya udara pagi di area pegunungan, mengiringi perjalanan tim Komunitas Drone Pekalongan menjelajahi area wana wisata Petungkriyono Kabupaten Pekalongan.
Tujuan utama kali ini adalah Curug Bajing.

Jalur yang ditempuh sudah bagus, jalanan beraspal mulus, waktu tempuh dari Kecamatan Doro kurang lebih 1,5jam. Beberapa kali tim KDP terpaksa bertanya kepada warga karena tidak ada petunjuk arah dibeberapa titik persimpangan di area bawah. Di area jalan setelah kecamatan Petungkriyono ada sebagian jalan yang rusak.

Curug Bajing adalah salah satu destinasi wisata lokal dengan ketinggian air terjun mencapai 75 meter.
Setiap hari libur, Curug ini ramai dikunjungi wisatawan.

Sejarah Pemberian Nama Curug Bajing
Warmuat, warga setempat yang juga selaku petugas area Curug Bajing menerangkan, bahwa sebenarnya nama asli Curug Bajing adalah Curug Sengkarang. Kelihatannya tidak asing bukan dengan nama Sengkarang ini ?
Yup, aliran air yang jatuh dari Curug Bajing ini nantinya akan mengalir melewati jalur sungai Sengkarang yang diantaranya juga menjadi wana wisata di area Lolong Adventure, Karanganyar.

Melanjutkan ceritanya, Warmuat menjelaskan, konon jaman dahulu warga setempat yang banyak berprofesi sebagai petani jagung, sering dirugikan karena hasil tanaman jagungnya hilang sebagian karena dicuri.

Bersama orang yang dituakan di area setempat, para warga kemudian menelusuri penyebab hilangnya hasil tanaman. Penelusuran ini membawa warga ke bukit di atas Curug Sengkarang dan kemudian ditemukan banyak hewan bajing yang ternyata memakan jagung mereka. Dari sinilah kemudian warga menamai Curug Sengkarang ini dengan sebutan Curug Bajing.

Setelah mendengarkan penuturan cerita awal Curug Bajing dan puas mengambil gambar di area ini, tim KDP kemudian turun dan mampir ke beberapa wana wisata lainnya, diantaranya : black canyon, Curug Kasimpar, Kali Welo.

Yuk, jaga alam kita agar tetap lestari dan jangan membuang sampah sembarangan ya..

Salam, MABUR BARENG GAYENG..

Jelajah Pesona Petungkriyono Jelajah Pesona Petungkriyono Reviewed by Komunitas Drone Pekalongan on Desember 30, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar