Header AD


Kolaborasi Lexy Rambadeta Dengan KDP Dalam Pembuatan Film Dokumenter Rob Pekalongan

Rob Pekalongan yang sudah menahun tidak juga surut, mengundang keprihatinan tersendiri. Terlebih berdasarkan riset Kemitraan Jakarta yang menemukan adanya penurunan tanah yang cepat dan rusaknya sabuk alam berupa mangrove yang semakin memperparah kondisi rob Pekalongan.


Kondisi ini rupanya mendapat perhatian  tersendiri dari Lexy Rambadeta, seorang sineas dokumenter profesional dari Jakarta untuk memvisualisasikannya dalam bentuk film dokumenter rob Pekalongan. Tidak hanya sendirian, Lexy Rambadeta mengajak Komunitas Drone Pekalongan untuk pengambilan gambar dari udara.

Pengambilan gambar dimulai dari SD Panjang wetan 3 berlanjut ke area Kelurahan Bandengan dan pintu tanggul utama didaerah Panjang, Pekalongan.

Dharwanto "Bandengan" selaku narasumber memberikan penjelasan mengenai kondisi yang dialami masyarakat yang berada di area Bandengan. Warga yang ada didaerah tersebut setiap hari harus bergelut dengan air rob yang pasang surut.

Tidak hanya menjelaskan tentang kondisi lingkungan masyarakat, Dharwanto yang juga seorang aktivis peduli rob Pekalongan, juga menjelaskan tentang area tanggul yang dibuat oleh pemerintah provinsi dan pusat yang berada di sisi barat dan Utara Bandengan.

"Perhatian pemerintah dalam hal mengatasi rob Pekalongan sangat diharapkan oleh masyarakat. Sebab penanganan rob ini perlu segera direalisasikan agar masyakarat yang terdampak rob dapat keluar dari masalahnya. Hal ini kemudian diwujudkan dalam bentuk pembangunan tanggul penahan rob." Tutur Dharwanto.

"Untuk saat ini pembangunan tanggul sudah mulai dilaksanakan dan yang sudah jadi membentang tanggul sepanjang kurang lebih 2km; dimulai dari kecamatan panjang dan berujung di area desa Semut, Wonokerto", sambung Dharwanto.

Salah satu PAUD didaerah Panjang yang terdampak rob. 
"Mungkin untuk saat ini dampak yang dirasakan masyarakat dengan adanya tanggul ini belum begitu terasa, tetapi paling tidak langkah yang diambil pemerintah ini telah mulai dapat mengurangi perluasan rob Pekalongan dan kedepannya diharapkan dapat menanggulangi rob Pekalongan secara maksimal", imbuhnya.
Kolaborasi Lexy Rambadeta Dengan KDP Dalam Pembuatan Film Dokumenter Rob Pekalongan Kolaborasi Lexy Rambadeta Dengan KDP Dalam Pembuatan Film Dokumenter Rob Pekalongan Reviewed by Unknown on November 10, 2018 Rating: 5

6 komentar

  1. Keren... Semoga dengan adanya dokumentasi ini menjadi masukan dalam penanganan rob selanjutnya..
    Salam sukses Kak Min..

    BalasHapus
  2. Saya sedih kalau melihat kejadian rob di Pekalongan. Semoga dengan semakin banyak komunitas yang terlibat, masalah rob ini bisa segera tertangani

    BalasHapus
  3. Aku prihatin dengan kondisi sekolah yg terdampak rob..

    BalasHapus