Header AD


Workshop "Smart Citizen For Pekalongan Smartcity"

Pekalongan (21/10), Komunitas Drone Pekalongan beserta 32 komunitas se-Pekalongan diundang untuk mengikuti workshop "Smart Citizen For Pekalongan Smartcity" yang diselenggarakan oleh Kemitraan Jakarta dan Pemkot Pekalongan.

Hadir dalam acara tersebut, Walikota Pekalongan, Bapak. Saelani Machfud, Ketua DPRD Kota Pekalongan, Ibu Balqis Diab, Kepala Dinas Kominfo Pekalongan, Bapak Sri Budi Santoso, Kepala Knowledge Management & Learning, ibu Inda Loekman, Manajer Asia-Amerika Robert-Bosch, Mrs. Julia Sontag.


Acara yang bertempat di Hotel The Sidji Pekalongan tersebut dibuka oleh Ketua DPRD Kota Pekalongan, Balqis Diab.
Dalam sambutannya beliau sangat apresiatif terhadap semangat kebersamaan dan kepedulian komunitas untuk ikut memajukan kota Pekalongan.
Diakhir sambutannya, Ibu Balqis Diab membuka jalur komunikasi dengan seluruh komunitas melalui WhatsApp.

Paparan Pekalongan Smartcity
Prasetyo Andy Wicaksono, Ketua Penggagas Aplikasi Jakarta Smart City, memberikan penjelasan tentang apa itu Smart City Application.


Kemajuan teknologi mengajak kita untuk berfikir dan bekerja secara kreatif, efektif dan modern. Hal inilah yang kemudian mendorong kita untuk membuat satu layanan yang kreatif, tetapi dapat mencakup banyak aspek.

Gagasan awal munculnya aplikasi Smartcity adalah bahwa pemerintah ingin mendengar langsung aspirasi warga. Selain itu pemerintah juga bermaksud membangun sistem keterbukaan dalam pemerintahan sehingga masyarakat dapat mengetahui langsung sistem kinerja pemerintahan.


Aplikasi yang awalnya dikembangkan di kota Jakarta ini, merupakan aplikasi berbasis Android. Dengan menggunakan aplikasi ini, memungkinkan adanya interaksi antara pengguna (warga) dengan Pemkot. Selain itu, aplikasi ini difungsikan juga untuk penyebaran informasi yang bersifat masal melalui jaringan internet.

Ada banyak layanan yang diberikan dalam aplikasi Smart City tersebut, baik tentang layanan berupa lokasi kantor pemerintahan, rumah sakit, kepolisian, dan lain sebagainya.



Dinas Kominfo Kota Pekalongan kemudian mengadopsi sistem Smart City ini dengan diluncurkannya aplikasi Kota Pekalongan Smart City yang dapat diunduh di Playstore.
Bagi yang berminat menggunakan aplikasi Kota Pekalongan Smart City, cukup download aplikasinya DISINI kemudian melakukan registrasi menggunakan email maupun no handphone.

Diharapkan dengan diluncurkannya aplikasi ini, masyarakat Pekalongan dapat lebih mudah berkomunikasi dengan Pemkot maupun mendapatkan informasi seputar kota Pekalongan.
Selamat menggunakan dan mari menjadi warga yang  SMART bersama Kota Pekalongan Smart City
Workshop "Smart Citizen For Pekalongan Smartcity" Workshop "Smart Citizen For Pekalongan Smartcity" Reviewed by Unknown on Oktober 20, 2018 Rating: 5

2 komentar