Header AD


Diskominfo Pekalongan : Dialog Publik & Seminar Lawan HOAX

Kemajuan teknologi membuka luas penyebaran informasi, salah satunya melalui jaringan internet.

Dengan adanya jalur yang begitu mudah untuk mengakses dan mengedarkan informasi, maka beragam berita begitu mudah tersebar. Padahal belum tentu berita - berita tersebut berasal dari sumber yang valid yang kemudian mengerucut menjadi berita HOAX.

Tidak hanya memuat konten berita yang tidak benar, konten kebencian, unsur SARA dan propaganda juga termuat dalam berita - berita hoax.

Menanggapi semakin maraknya berita - berita hoax tersebut, Diskominfo mencoba mensosialisasikan gerakan lawan hoax melalui kegiatan "Dialog Publik & Seminar : Gotong Royong Melawan Hoax Guna Menjaga NKRI"

Kegiatan yang dilaksanakan 23 oktober 2018 di Aula Hotel Istana - Pekalongan tersebut juga dihadiri komandan Dandim 0710 Pekalongan dan perwakilan 33 komunitas yang ada di Pekalongan.

Diharapkan melalui kegiatan ini, setiap perwakilan komunitas yang hadir nantinya dapat ikut meng-kampanyekan gerakan lawan hoax atau anti hoax kepada masyarakat Pekalongan.

Eko Presdian, salah satu perwakilan dari komunitas Drone Pekalongan yang hadir dalam kegiatan tersebut menyatakan, "Kegiatan ini cukup posistif, mengingat dampak meluasnya info - info hoax di masyarakat yang cukup meresahkan dan perlu ditangkal. Jika tidak, maka informasi yang tidak jelas sumbernya tersebut akan dapat mengancam kerukunan dan persatuan bangsa kita".

Menanggapi hal senada, Aris Sujarwanto, perwakilan dari Komunitas Drone Pekalongan juga mengatakan "Perlu adanya pemahaman dan kesadaran dari masyarakat untuk lebih pintar dalam menerima informasi. Tidak serta merta langsung percaya, apalagi jika informasi tersebut berasal dari sumber yang tidak jelas, misalnya dari pesan berantai atau medsos, kita harus lebih bijak dan pandai memilah mana yang benar - benar valid dan mana yang tidak valid"

Kepala Diskominfo kota Pekalongan, Sri Budi Santoso menyatakan bahwa gerakan menangkal berita hoax tidak bisa dilakukan sendirian, tetapi harus bersama - sama dengan semua elemen masyarakat.
Hal ini sangat penting untuk segera disosialisasikan, mengingat dampak yang dimunculkan dari adanya berita hoax tersebut sangat terasa akhir - akhir ini, selain menimbulkan keresahan, permusuhan juga dapat menimbulkan kerawanan perpecahan bangsa.

Berikut video ajakan dari Kepala Diskominfo Pekalongan yang disampaikan pasca kegiatan seminar, untuk melawan berita - berita hoax yang mewabah di masyarakat


AYO LAWAN HOAX DENGAN BIJAK MEMILIH DAN MENYARING BERITA !

Salam,
MABUR BARENG GAYENG !
Diskominfo Pekalongan : Dialog Publik & Seminar Lawan HOAX Diskominfo Pekalongan : Dialog Publik & Seminar Lawan HOAX Reviewed by Drone Pekalongan on Oktober 23, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar