Header AD


#KDP Dalam Workshop Partisipatif Komunitas

Pekalongan (15/9), #KDP mendapatkan undangan untuk mengikuti Workshop Partisipatif bersama gabungan komunitas Pekalongan di Hotel Nirwana Pekalongan.
Tema dan materi yang diangkat adalah "Peningkatan Kapasitas Menulis, Membuat Film dan Mengolah Data Menjadi Alat Kampanye Lingkungan Bersama"



Pemateri utama Ki Ashad Kusumadjaya untuk materi Kapasitas Penulisan, sedangkan untuk materi pembuatan film dokumenter diisi oleh Lexi Junior Rambadeta.
Untuk sesi pertama diisi materi tentang Kapasitas Menulis.
Dalam penyampaian materinya, Ki Ashad memberikan rumus bahwa Tulisan yang baik adalah ketika seseorang menulis dengan merasakan empati terhadap tema pemikiran yang ia tulis.
Masih dalam materinya, metode penulisan jaman sekarang sudah berbeda dengan jaman dahulu.
Dengan kondisi yang ada pada masa itu, seorang penulis akan membuat karya tulisan secara runtut. Bermula dari menentukan Judul kemudian diikuti dengan kata dan kalimat pertama yang kemudian akan muncul ide-ide selanjutnya yang akan mengisi tulisannya. Hal tersebut terjadi karena kondisi peralatan yang ada pada saat itu, contohnya karena sang penulis masih menggunakan mesin ketik.
Berbeda dengan jaman sekarang, penulis bisa menggunakan PC/laptop atau bahkan smartphone yang memiliki kapasitas untuk copy paste.
Dalam sesi materi Menulis ini Ki Ashad tidak hanya sekedar berbagi ilmu tentang bagaimana cara menulis yang baik, tetapi juga mengajak audiense untuk berlatih secara langsung menuangkan gagasannya melalui tulisan dengan cara membuat rangkuman dari artikel koran yang disediakan panitia.

Materi Pembuatan Film Dokumenter
Perkembangan dunia perfilman begitu pesat didukung dengan berkembangnya teknologi.
Pemanfaatan teknologi film semakin banyak karena saat ini masyarakat umum juga dapat membuat film singkat karena memiliki alat atau gadget yang canggih.

Salah satu yang umum dibuat oleh masyarakat adalah film-film dokumen singkat. Film-film tersebut kemudian beredar dengan mudah melalui harijari online seperti medsos, media streaming maupun blog.

Lexi Junior R. mencoba menuangkan pengalamannya dalam pembuatan film dokumenter kepada komunitas Pekalongan.

Kunci pertama dalam pembuatan film adalah audio, gambar nomor kedua.
Sebab gambar yang indah akan menjadi tidak nyaman dipandang ketika diisi dengan audio yang jelek.
Tetapi gambar yang biasa-biasa saja bisa tampak bagus jika dikemas dengan suara yang bagus, tidak ada noise dan enak didengar.

Pada sesi akhir, seluruh peserta diajak untuk praktik bersama membuat video dengan durasi 1 menit dengan penekanan untuk mendapatkan sound yang baik.
#KDP Dalam Workshop Partisipatif Komunitas #KDP Dalam Workshop Partisipatif Komunitas Reviewed by Unknown on September 15, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar