Header AD


Gladi Bersama #2 Persiapan Event Drone Merah Putih

Guna mempersiapkan kegiatan "Drone Merah Putih" yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus 2018, team KDP kembali mengadakan Gladi Bersama pengibaran bendera merah putih menggunakan drone.

Ada 12 lebih dronian Pekalongan yang ikut pada gladi yang dilaksanakan di lapangan Mataram, Minggu 29 Juli 2018.

Masing - masing personil melakukan test drive dan modifikasi pemasangan bendera pada drone untuk dicari titik teraman saat mengangkat bendera keatas.
Hal ini menjadi fokus utama, mengingat adanya kerawanan saat menaikkan drone dengan membawa bendera jika ternyata ada ketidak-stabilan. Selain itu adanya faktor turbulensi udara antar drone yang juga akan berpengaruh pada kestabilan saat drone melakukan hover diudara.

Pada event kali ini, teknis pemasangan bendera juga berbeda dari biasanya. Yang sudah pernah dilakukan adalah membawa bendera dengan diikat tali dan diberi pemberat kemudian drone bergerak maju.
Sedangkan kali ini tidak demikian, bendera dipasang secara statis pada body drone dengan kerangka palang kemudian drone naik dan melakukan hover / altitude hold pada ketinggian 20 meter.

Direncanakan pada event Drone Merah Putih ini akan ada sekitar 60 drone yang akan terbang bersama - sama menaikkan bendera merah putih.

Saat ini tim KDP masih membuka kesempatan untuk dronian lainnya yang ingin bergabung dalam acara tersebut, tidak dibatasi untuk merk tertentu, yang dibutuhkan hanyalah dapat terbang stabil saat mengangkat bendera.

Tim KDP juga masih mengusahakan dan berharap agar kegiatan ini nantinya dapat masuk rekor MURI, tapi tentunya butuh dukungan dari berbagai pihak terutama dari para pilot drone.

Event Drone Merah Putih tersebut selain didukung oleh KDP, rencananya akan didukung oleh Komunitas Drone area lain termasuk komunitas Paralayang - Jawa Barat.


Dari hasil beberapa uji coba, beberapa tipe drone gagal menaikkan bendera karena tidak bisa stabil, sedangkan lainnya berhasil.


Sampai saat ini tim KDP masih berusaha dan melakukan eksperimental untuk mencari cara terbaik dan aman agar bisa menaikkan bendera dengan drone, sebelum finalnya nanti berlatih membentuk formasi barisan diudara.

Tetap semangat, tetap berkarya ... salam Mabur Bareng Gayeng !

Dokumentasi Gladi #2

Drone Merah Putih

       

Gladi Bersama #2 Persiapan Event Drone Merah Putih Gladi Bersama #2 Persiapan Event Drone Merah Putih Reviewed by Komunitas Drone Pekalongan on Juli 30, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar